Search This Blog

Friday 10 April 2015

Adat yang Terlupakan

Istiqomah

Ekuilibrium — Kebiasan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia salah satunya Tahlilan yang dilakukan setiap malam Jum'at dan di selingi dengan Hadroh, membaca kitab maulid Al Barzanji,Al Burdah, dan Al Diba'i.

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ حَتَّى يَأْتِيَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِي وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ وَقَالَ إِنَّ الشَّمْسَ تَدْنُو يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يَبْلُغَ الْعَرَقُ نِصْفَ الْأُذُنِ فَبَيْنَا هُمْ كَذَلِكَ اسْتَغَاثُوا بِآدَمَ ثُمَّ بِمُوسَى ثُمَّ بِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Rasulullahصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  bersabda: ‘Sesungguhnya matahari pada Hari Kiamat telah dekat sehingga keringat manusia akan mencapai separuh telinga. Pada saat itu mereka meminta tolong (ghauts)kepada Adam, kemudian kepada Musa, dan terakhir kepada Muhammad Saw.”

Itulah jawaban yang harus disampaikan, karena ucapan para penyair yang menulis qashidah mada’ih an-nabawiyyah (puji-pujian Nabi) seperti al-Barzanji, ad-Diba’i dan al-Bushiri dalam al-Burdah adalah sudah benar adanya dan tidak menyelisih dari ajaran Rasulullah. Selain itu, mereka juga muslim taat yang sangat berhati-hati dan menghindari hal-hal yang berbau syubhat dan syirik. Apakah penyair-penyair di atas sedemikian bodoh dan hina di mata mereka?! Demi Allah, mereka adalah orang soleh!


Bermodalkan alat-alat seadanya mereka tetap bersemangat dan selalu istiqomah menjalankan aktivitas tersebut. Semoga semangat kami menjadikan inspirasi bagi sahabat mau pun sahabati PMII dalam berorganisasi.(Albasyari)

Salam Pergerakan !!!
Salam Mahasiswa !!!

No comments:

Post a Comment